Latest News

6 Olahraga yang Dianjurkan Islam dan Tertulis Dalam Hadist

Serangkaian aktivitas, tak terkecuali ibadah. Ternyata ajaran Islam juga sangat menganjurkan umatnya untuk berolahraga, hal ini terbukti dari sejumlah hadist mengenai kegiatan olahraga Rasulullah. Kata olahraga memang tidak secara langsung disebutkan, tapi saya dan anda bisa memahaminya dari keterangan hadist tersebut.

1. Lari

Diceritakan oleh Aisyah RA: "Rasulullah SAW mendahuluiku, lantas aku melampaui beliau, begitulah seterusnya. Hingga ketika badanku telah gemuk, kami pernah bersaing dan beliau yang memenangkan kompetisi itu. Kata beliau, "Kemenangan kali ini adalah balasan atas kekalahan yang lalu." (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Hadist ini bercerita tentang kompetisi lari antara Rasulullah dengan istrinya. Para sahabat dulu juga terbiasa mengerjakan perlombaan lari cepat, dan Rasulullah SAW mengizinkannya. Lari ialah salah satu olahraga paling mudah yang dapat kita lakukan sebab tanpa harus memakai alat tertentu. Adakah salah satu kalian yang telah terbiasa jogging atau berlari tiap harinya?


2. Gulat

Rukanah, seorang pegulat terkenal di Makkah pernah mengajak Rasulullah bergulat,

“Sesungguhnya Rasulullah gulat dengan Rukanah yang terkenal kekuatannya itu, lantas ia berkata; Domba lawan domba. Kemudian Rasulullah bergulat dan beliau bersabda : Berjanjilah denganku untuk (melakukan gulat) lagi di lain waktu. Kemudian Rasulullah bergulat sambil bersabda: Berjanjilah denganku, lantas Rasulullah saw bergulat untuk ketiga kalinya. Kemudian orang tersebut bertanya; apa yang harus saya katakan pada keluargaku? Rasulullah saw menjawab: Katakan “domba sudah dimakan oleh serigala, dan seekor dombapun lari.” Kemudian apa pula yang saya katakan untuk yang ketiga? Rasulullah saw membalas : Kami tidak bisa mengalahkan anda untuk bergulat karena tersebut ambillah hadiahmu.” (HR. Abu Daud).

Kalau olahraga yang satu ini perlu kemampuan khusus dan harus tidak jarang latihan agar mampu melakukannya dengan baik.


3. Panahan

Memanah ialah olahraga yang paling tidak sedikit disebutkan dalam hadist maupun Alquran. Beberapa hadist yang menyarankan kita untuk belajar memanah merupakan,

Rasulullah bersabda : “Lemparlah panahmu itu, dan saya bareng kamu sekalian.” (HR. Bukhari).

Rasulullah bersabda : “Kamu harus belajar memanah, karena memanah  termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR. Bazzar dan Thabrani).

Namun harus perhatikan bahwa sasaran panahnya tidak boleh kearah makhluk hidup, Ibnu Umar mengatakan: “Sesungguhnya Rasulullah melaknat orang yang menjadikan sesuatu yang bernyawa sebagai sasaran memanah.” (HR. Bukhari dan Muslim).




4. Anggar

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, ia berbicara : “Ketika orang-orang Habasyah sedang bermain anggar di hadapan Nabi , tiba-tiba Umar masuk lantas mengambil kerikil dan melemparkannya untuk mereka. Kemudian Rasulullah berbicara kepada Umar : Biarkanlah mereka itu, wahai Umar.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Orang-orang Habasyah atau Ethiopia bermain anggar di dalam Masjid Nabawi, tempat yang mulia dan Rasulullah membiarkannya. Karena itu tidak sedikit yang memandang permainan anggar ini sebagai di antara olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah.


5. Berkuda

Hadits-hadits Rasulullah mengenai berkuda sebenarnya paling banyak. Beberapa di antaranya merupakan,

“Sesungguhnya Rasulullah pernah menyelenggarakan pacuan kuda dan memberi hadiah untuk pemenangnya.” (HR. Muslim).
Dalam riwayat Ibnu Majah: “Setiap urusan yang mengabaikan seorang Muslim hukumnya batil kecuali memanah dengan busur, mengajar kuda, dan canda dengan istri.”

Dulu kuda dipakai sebagai kendaraan, kira-kira mengemudikan mobil dan motor yang adalah kendaraan zaman sekarang disarankan juga nggak ya?

6. Berenang

Dari segi kesehatan, olahraga renang sangat disarankan karena memiliki tidak sedikit sekali manfaat untuk tubuh sebab mengombinasikan tidak sedikit hal. Dalam suatu hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah " (HR. Dailami). Sayangnya hadist ini dirasakan lemah, namun tidak ada salahnya kalau kita mengupayakan menekuni olahraga renang.


Source. Taiwanhalal.com

0 Response to "6 Olahraga yang Dianjurkan Islam dan Tertulis Dalam Hadist "