Latest News

10 Adab Makan Sesuai Sunnah Rasul

Sebagai makhluk hidup, kita pasti membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan. Allah telah memberikan kenikmatan berupa berbagai macam makanan dan minuman yang tentu memiliki cara untuk memakannya. Sebagai seorang muslim pun wajib bagi kita mengikuti aturan Allah yang disampaikan oleh Nabi kita Rasulullah tentang tata cara adab makan yang baik dan benar, sebagai berikut :

1. Makanan Seorang Muslim: Baik dan Halal

a. Firman Allah Ta’ala, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah salah satu rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah pada Allah, andai benar-benar hanya kepada Allah kita menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 172)

b. Firman Allah Ta’ala, “(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang terdapat di sisi mereka, yang mengajak mereka mangambil yang ma’ruf dan tidak memperbolehkan mereka dari mengambil yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.” (QS. Al-A’raf: 157)

2. Makan dan Minum dengan Menggunakan Tangan Kanan

Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan memakai tangan kanan, dan andai ia minum, maka minumlah dengan memakai tangan kanan, sebab sesungguhnya setan tersebut makan dan minum dengan memakai tangan kiri.” 

3. Tidak Mencaci Makanan

Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak pernah mencerca makanan sama sekali, andai beliau tidak menyukainya maka beliau memakannya, andai beliau tidak suka beliau meninggalkannya.”


4. Memuji Hidangan

Dari Jabir bin Abdullah r.a, Nabi SAW bertanya untuk tuan rumah tentang lauk-pauk yang dihidangkan. Mereka berkata, “Kita tidak mempunyai makanan kecuali khal (cuka, sejenis asinan).” Kemudian beliau minta supaya dibawakan khal, dan memakannya sambil bersabda, “Sebaik-baik lauk-pauk ialah khal dan sebaik-baik lauk pauk ialah khal.”

5. Cara Memberi Minum Orang Lain

Dari Anas bin Malik r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam diberi susu penuh, berada di sebelah kanannya seorang Arab Badui dan di sebelah kirinya Abu Bakar. Beliau meminumnya lantas memberikannya untuk Arab Badui sambil beliau bersabda, “Dari kanan lantas ke kanannya.” 

6. Tidak Makan dan Minum dari Tempat yang Terbuat dari Emas dan Perak

Dari Hudzaifah r.a, ia berkata, “Aku mendengar Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Janganlah anda memakai sutra dan kain diibaj ‘sutra yang lebih halus’; dan janganlah minum dengan memakai bejana yang tercipta dari emas atau perak. Janganlah santap dengan memakai piring dari emas atau perak, sebab perabot tersebut untuk mereka (orang-orang kafir) di dunia, dan guna kita di akhirat.” 

7. Berkumpul Untuk Makan Bersama

Dari Wahsyi bin Harb, dari bapaknya, dari kakeknya, “Para sahabat Rasulullah berkata, ‘Ya Rasulullah, kami makan namun tidak merasa kenyang.’ Beliau bersabda, ‘Mungkin kalian berpencar-pencar (ketika makan).’ Mereka berkata, ‘Benar.’ Beliau bersabda, “Berkumpullah saat makan, dan sebutlah nama Allah atasnya, maka Dia akan memberikan makan kalian.”



Source. syahida.com

0 Response to "10 Adab Makan Sesuai Sunnah Rasul"