Latest News

Kantor Imigrasi Palu Perketat Paspor Umrah

Kantor Imigrasi Palu – Di Wilayah Palu, Sulawesi Tengah saat ini permintaan dokumen keimigrasian berupa paspor mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Mereka membuat paspor dengan keperluan yang berbeda-beda. Namun, diantara mereka banyak yang mengajukan permohonan pembuatan paspor untuk keperluan ibadah. Mengingat banyak kasus travel haji dan umrah yang tidak memberangkatkan jamaahnya. Dan bahkan, ada juga yang memalsukan paspor umrah serta menyalahgunakan paspor untuk bekerja. Sehingga, Kantor Imigrasi Palu memperketat permohonan penerbitan paspor khususnya bagi yang berkepentingan ingin melaksanakan ibadah umrah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan terjadi.

Kantor Imigrasi Palu Perketat Paspor Umrah

Kepala Kantor Imigrasi Palu di Provinsi Sulawesi Tengah yakni Suparman mengatakan, bahwa bagi setiap pemohon paspor umrah diharuskan untuk mendapatkan surat rekomendasi terlebih dulu dari Kementerian Agama (Kemenag) yang ada di daerah ini. 

Dia menuturkan mengenai soal ini telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama baik untuk para calon jamaah haji yang mengurus paspor haji maupun paspor umrah. Kantor Imigrasi Palu segera laksanakan itu semua. Agar tidak ada lagi korban ataupun oknum yang memanfaatkan situasi.

Bagi masyarakat yang datang tanpa adanya surat rekomendasi dari Kementerian Agama, maka dipastikan dari pihak kantor imigrasi Palu dan imigrasi di Kabupaten Banggai tidak akan menerbitkan paspor yang dimaksud. “Pokoknya kita tidak akan memproses penerbitan paspor jika tidak didukung dengan adanya surat rekomendasi dari kementerian Agama,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Suparman, untuk dapat menjaga atau mengantisipasi jangan sampai masyarakat khususnya di Palu yang akan melaksanakan ibadah umrah tersebut ditelantarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dalam melakukan penerbitan paspor umrah ini, tutur dia, yang bersangkutan harus memiliki sponsor yang jelas dan juga memang rekomendasi dari Kemenag setempat.

Suparman juga menjelaskan bahwa pada saat ini, Kantor Imigrasi Palu telah menerima pengurusan paspor haji untuk mereka yang ikut pemberangkatan  di tahun 2018 ini. “Kita sekarang ini sedang melayani pengurusan paspor haji,” terangnya.

0 Response to "Kantor Imigrasi Palu Perketat Paspor Umrah"